Kode Etik dan GCG



Kode Etik

PT Istaka Karya (Persero) tumbuh dan berkembang dalam pasar nasional maupun internasional. Untuk dapat terus diterima dalam pasar yang semakin kompetitif, pengelolaan perusahaan tidak lepas dari aturan main yang berlaku di pasar, baik aturan hukum yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun aturan-aturan moral dan etika yang telah terbentuk di masyarakat atau dibangun sendiri oleh perusahaan. Oleh karena itu pengelolaan perusahaan dituntut agar tidak hanya mementingkan faktor yang bersifat ekonomis semata namun juga mempertimbangkan hal-hal yang bersifat non ekonomis seperti nilai-nilai, etika, budaya dan perilaku lingkungan perusahaan.

 

Untuk dapat menciptakan iklim kerja yang dapat menyatukan seluruh Insan Istaka pada kepatuhan dan kepedulian terhadap nilai-nilai moral dan etika, perlu diyakinkan bahwa seluruh kelengkapan organ perusahaan yang terdiri dari Dewan Komisaris, struktur organisasi yang mencakup Direksi serta segenap personil perusahaan merupakan pihak-pihak yang terkait satu sama lain dalam proses penciptaan penyelenggaraan bisnis secara sehat dan beretika. Oleh karenanya perusahaan mewajibkan seluruh Insan Istaka, untuk mematuhi semua ketentuan hukum, peraturan perundang-undangan dan seluruh ketentuan perusahaan yang berlaku serta dengan sungguh-sungguh memahami dan berperilaku sesuai dengan panduan perilaku perusahaan dalam berinteraksi atau berhubungan dengan stakeholders. Dengan patuh kepada hukum dan ketentuan perusahaan serta menjalankan etika yang baik, maka dalam jangka panjang akan meningkatkan nilai dan keberhasilan Insan Istaka sekaligus meningkatkan citra perusahaan di tengah-tengah masyarakat dan dunia usaha.

 

Diharapkan seluruh insan PT. Istaka Karya menjadi insan yang berperilaku baik, sopan, menjunjung kejujur, saling menghormati dan mempunyai tata krama dalam pengelolaan perusahaan.

 

 

Good Corporate Governance (GCG) 

 

Dalam hal ini tujuan penerapan Good Corporate Governance (GCG) pada PT. Istaka Karya (Persero) adalah :

 

 

Memaksimalkan nilai perusahaan dengan cara meningkatkan prinsip transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban dan keadilan agar Perusahaan memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional. Mendorong pengelolaan perusahaan secara profesional, transparan dan efisien, serta memberdayakan fungsi dan kemandirian pengelolaan Perusahaan. mendorong agar pengelola Perusahaan dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta kesadaran akan adanya tanggung jawab sosial Perusahaan terhadap stakeholders maupun kelestarian lingkungan disekitar Perusahaan. Meningkatkan kontribusi Perusahaan dalam perekonomian nasional, Meningkatkan iklim investasi nasional, dan Mensukseskan program privatisasi. Keberhasilan BUMN pada umumnya dan PT. Istaka Karya (Persero) khususnya dalam penerapan Good Corporate Governance bukan pada tersedianya piranti-piranti dari Corporate Governance, seperti Pedoman Corporate Governance ini, Internal Audit Charter, Code of Conduct, dan lain sebagainya, melainkan terletak kepada komitmen dari pimpinan tertinggi perusahaan yang diikuti oleh seluruh staf dan karyawan serta dukungan oleh Dewan Komisaris.